12 Tips Belanja Online dengan Aman yang Harus Anda Ketahui

tips belanja online

Tips Belanja Online – Banyak sekali alasan orang ingin belanja online. Baik itu karena harga yang murah, banyak pilihan dan barang diantar sesuai tujuan. Karena kemudahan yang didapatkan dalam berbelanja online, sehingga tak heran banyak konsumen beralih dari toko offline ke toko online.

Hanya saja, belanja di toko online tidak 100% aman. Ada diantara situs belanja atau para konsumen yang bermain nakal, sehingga menyebabkan kerugian terhadap konsumen, baik itu kerugian biaya atau barang.

Baca Juga: 10+ Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis Terbaik

Walaupun belanja online tidak sepenuhnya aman, tapi hal itu jangan membuat Anda takut untuk belanja online. Yang perlu dilakukan hanyalah berhati-hati ketika ingin belanja online. Berikut adalah beberapa tips belanja online dengan aman agar tidak tertipu.

Tips Aman Belanja Online

1. Gunakan situs yang terpercaya

Jika Anda berniat berbelanja melalui situs yang baru dikenal, akan lebih baik mencari tahu terlebih dahulu mengenai situs tersebut. Situs yang terpercaya biasanya selalu mencantumkan alamat lengkap dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Selanjutnya, carilah ulasan dari konsumen yang pernah berbelanja di situs tersebut, apakah ulasan yang diberikan baik atau buruk. Apabila situs tersebut tidak mempunyai alamat yang jelas, nomor telepon yang susah dihubungi atau ulasan yang kurang baik.

Akan lebih baik Anda tinggalkan situs tersebut dan memilih situs web yang terpercaya. Berikut adalah situs belanja online yang memiliki kepercayaan cukup tinggi di Indonesia.

  • Shopee
  • Lazada
  • Blibli
  • Tokopedia
  • Elevenia
  • Bukalapak
  • MatahariMall
  • Zalora
  • Bhinneka, dan lainnya

Walaupun situs tersebut mempunyai kepercayaan cukup tinggi dalam berbelanja online. Tapi ada saja penjual di situs web tersebut yang masih jahil dalam menjual produknya, untuk itu Anda harus tetap berhati-hati, walaupun belanja di situs yang sudah terpercaya.

2. Melihat ulasan produk

Setelah menemukan situs terpercaya, kemudian analisa ulasan dari produk yang akan dibeli.

Contohnya Anda sudah menemukan situs belanja online terpercaya. Selanjutnya adalah menemukan penjual yang memiliki ulasan cukup baik dari barang yang akan dibeli.

Baca Juga: 10 Aplikasi Pesan Tiket Kereta Api Online di Android

Analisa juga apakah ulasan tersebut benar dari pembeli yang tertarik dengan produk tersebut atau pembeli yang sengaja membeli produk tersebut untuk mendapat ulasan bagus.

tips belanja online

Dalam foto yang saya ambil dari Tokopedia mengenai produk ponsel diatas. Dapat dilihat bahwa toko yang ada dalam situs tersebut memiliki 320 ulasan yang hampir seluruhnya bagus. Toko yang memiliki ulasan seperti inilah yang patut Anda percayai.

3. Waspadai harga murah

Ketika menemukan barang dengan harga murah, Anda harus waspada. Bandingkan dulu harga dan gambar dari situs web atau toko online yang serupa. Apakah harga dari produk tersebut sedang mengalami penurunan harga atau tidak. Jika harga dari produk tersebut cukup stabil, maka ada harus curiga jika ada yang menawarkan dengan harga murah.

4. Baca kebijakan privasi

Membaca kebijakan privasi merupakan salah satu cara untuk mengetahui apa yang dilakukan situs web dengan informasi pengguna dan bagaimana informasi itu dikirimkan.

Sebagian besar dari kita mungkin memiliki kecenderungan untuk mengabaikan informasi ini, tetapi hal ini cukup penting untuk memastikan data pribadi kita tidak dijual kepada pihak ketiga.

Baca juga kebijakan dalam pengembalian barang. Karena barang yang dibeli secara online tidak dilihat secara langsung, sehingga harus ada garansi jika barang yang dikirim tidak sesuai atau rusak.

5. Jangan berbelanja menggunakan Wi-Fi publik

Setiap kali Anda menggunakan Wi-fi di tempat umum, kemungkinan pencurian identitas bisa saja terjadi. Karena sebagian besar hotspot Wi-Fi tidak mengenkripsi data pengguna, sehingga setiap peretas dapat mengambil identitas Anda jika memiliki kemampuan dan perangkat yang baik.

Berhati-hatilah ketika menggunakan Wi-Fi asing karena informasi apa pun yang Anda kirim melalui internet masih ada kemungkinan untuk di ambil orang lain. Karena hal itulah, Anda tidak disarankan berbelanja online ketika menggunakan Wi-Fi publik.

6. Sering memeriksa laporan kartu kredit

Menggunakan kartu kredit merupakan salah satu cara cerdas dalam berbelanja online. Sedangkan jika Anda membeli barang dari penipu menggunakan kartu debit, uang tunai atau cek, untuk bisa mendapatkan uangnya kembali cukup sulit.

Berbeda dengan kartu kredit, jika Anda menggunakan kartu kredit, perusahaan harus mengganti biaya penipuan berdasarkan Undang-Undang Penagihan Kredit yang adil. Supaya tidak ada kerugian dari perusahaan dan Anda, maka segera laporkan sesuatu yang mencurigakan untuk membantah tagihan dan segera minta kartu yang baru.

7. Mengubah kata sandi secara teratur

Mengganti kata sandi secara teratur memang tidak mudah, karena Anda harus mempersiapkan kata sandi baru dan selalu mengingat kata sandi yang baru. Tetapi jika Anda benar-benar ingin menjaga informasi rekening bank supaya tetap aman saat berbelanja di internet.

Baca Juga: 20 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat & Terbaik Tanpa Modal

Mengubah kata sandi setiap tiga hingga enam bulan merupakan cara yang cukup efektif. Karena ini akan menambah sulit peretas yang berhasil masuk ke akun Anda. Akan lebih baik juga jika Anda tidak memiliki kata sandi yang sama di semua akun, karena itu akan membuat mereka semua rentan jika ada yang diretas.

8. Periksa keamanan situs web

Tips selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah ketika melakukan pembelian online, pastikan di bagian alamat situs di url browser bertuliskan “https” atau ditandai dengan gembok warna hijau.

Https pada situs web berarti menggunakan SSL atau Secure Sockets Layer, sehingga informasi yang Anda berikan hanya penerima yang dapat menerimanya. Sedangkan jika Anda berbelanja online dari situs yang masih menggunakan http atau tanpas SSL, maka berhati-hatilah terhadap informasi yang Anda berikan.

9. Waspada dengan penipuan melalui email

Terkadang banyak sekali kontak masuk email dari berbagai situs web yang menawarkan produk dengan harga murah. Apabila kita tertarik dengan promo yang ditawarkan oleh situs web tersebut, kita diharuskan mengklik tautan yang mengarahkan ke situs yang tidak dikenal.

Berhati-hatilah bisa jadi itu adalah bentuk penipuan phishing yang bertujuan untuk mencuri identitas Anda. Untuk itu hindari membuka tautan dari pengirim atau penjual yang tidak dikenal.

10. Berlebihan dalam memberikan informasi

Jangan terlalu banyak memberikan informasi, karena tidak semua informasi dibutuhkan dalam transaksi online. Anda harus curiga jika dalam pembelian barang di online dimintai nomor BPJS atau informasi mencurigakan lainnya.

11. Perbarui browser

Setiap versi terbaru dari browser yang kita gunakan mendapatkan peningkatan keamanan. Untuk itulah pentingnya melakukan pembaruan browser yang biasanya digunakan dalam pembelian online.

Sedangkan browser lama yang kita gunakan tidak akan bekerja maksimal pada beberapa situs web dan sering kali memiliki celah pada keamanan yang dapat dieksploitasi oleh peretas.

12. Simpan bukti transaksi

Menyimpan bukti transaksi sangat penting, karena dengan menyimpan bukti transaksi dapat membantu Anda ketika terjadi masalah dari produk yang telah dibeli. Simpanlah bukti transaksi sampai barang yang Anda beli sampai dan sesuai dengan yang dipesan.

Baca Juga: 5 Pilihan Built Up PC Terbaik Dibawah 7 Jutaan

Itulah tips aman belanja online yang harus Anda kethaui. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan