Tips

17 Cara Menghemat Kuota Internet 100% Berhasil

Cara Menghemat Kuota – Di zaman yang serba canggih ini, Kuota menjadi suatu kebutuhan yang tidak terpisahkan bagi sebagian orang. Dengan adanya kuota internet kita bisa terhubung ke media sosial, melakukan chatting, mengerjakan tugas kantor atau sekolah, bermain game online, menonton video, bisnis online, dan masih banyak lagi.

Saking serunya berselancar di internet, terkadang banyak orang terlalu boros dalam penggunaan kuota internet. Sehingga kuota internet menjadi cepat habis bahkan dalam hitungan hari saja. Solusi yang paling tepat adalah dengan cara menghemat kuota internet.

Artikel Rekomendasi:

Menghemat kuota internet merupakan solusi yang paling tepat, apalagi harga kuota internet di setiap provider selalu meningkat setiap tahunnya. Berikut ini adalah tujuh belas cara menghemat kuota intenet paling ampuh saat ini.

Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone

1. Batasi Penggunaan Data pada Background

Ada beberapa aplikasi yang terus bekerja dibelakang layar atau background, seperti memperbarui media sosial atau email yang masuk. Cara mengatasinya adalah dengan menonaktifkannya melalui pengaturan smartphone.

Jika sudah di nonaktifkan, aplikasi hanya akan menggunakan kuota internet ketika terhubung ke jaringan seluler atau Wi Fi.

Dalam pengaturan penggunaan data, Anda bisa melihat siklus penggunaan data setiap minggu atau bulan. Dalam pengaturan tersebut juga terdapat fitur untuk memperingatkan dalam penggunaan data. Sehingga setiap penggunaan kuota internet yang melebihi batas, fitur tersebut akan aktif untuk memperingatkan penggunanya.

2. Menghapus Aplikasi yang Menghabiskan Banyak Kuota

cara menghemat kuota

Biasanya kuota cepat habis dikarenakan terlalu sering menggunakan aplikasi dalam jangka waktu yang lama. Anda bisa melihat jumlah penggunaan data aplikasi di pengaturan smartphone.

Jika sudah menemukan apikasi yang terlalu besar dalam mengambil kuota internet, maka bisa melakukan uninstall atau menghapusnya. Tetapi jika aplikasi tersebut cukup penting bagi Anda, maka kurangi menggunakan aplikasi terlalu lama.

Gunakanlah aplikasi seperlunya untuk menghemat kuota, apalagi aplikasi tersebut masuk dalam kategori media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain.

3. Menyimpan Lagu dan Video secara Offline

Untuk menghemat kuota internet, akan lebih baik jika Anda mengunduh video atau lagu ke dalam smartphone, sehingga bisa memutarnya berulang kali secara offline.

Sedangkan jika memainkan lagu atau video secara online, maka kuota internet akan cepat habis. Belum lagi jika Anda terlalu sering memutarnya.

4. Bermain Game Secara offline

Saat ini Game mobile online mengalami perkembangan yang cukup tinggi. Itu terlihat dari banyaknya pengguna yang melakukan unduhan game online di Google Play Store.

Game online memang sangat menyenangkan, tetapi kuota yang digunakan dalam bermain game online cukup tinggi. Bagi Anda yang serius dalam menghemat kuota internet, maka harus berhenti dalam memainkannya dan beralih memainkan game offline.

Baca Juga: 12 Cara Merawat Baterai Smartphone

Jangan takut jika game offline yang dimainkan terasa membosankan, faktanya banyak sekali game offline yang memiliki keseruan hampir serupa dengan game online, seperti Dream League Soccer 2018, Ghost battle 2, Fruit Ninja, Piano Tiles 2, dan masih banyak game lainnya.

5. Mengurangi Kualitas Streaming

Menikmati layanan streaming memang sangat seru. Apalagi layanan yang diberikan sangat menarik, tentu kita akan sering menggunakan aplikasi streaming tersebut.

Faktanya aplikasi streaming cukup banyak memakan kuota internet, cara menghemat kuota yang digunakan untuk streaming adalah dengan mengurangi kualitas streaming yang diberikan. Untuk caranya bisa langsung menuju ke masing-masing aplikasi streaming, kemudian pilih kualitas rendah.

6. Memasang Adblock

Ketika melakukan berbagai kegiatan di internet, kita sering sekali menemukan beragam iklan, baik itu iklan yang menyerupai tulisan, gambar, atau iklan melayang.

Setiap iklan yang kita lihat tentunya menghabiskan kuota, walaupun kuota yang diambil tidak terlalu banyak. Tetapi jika dipasang fitur Adblock, maka akan menghemat kuota internet.

7. Memanfaatkan WiFi Gratis

Dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat ini, banyak sekali sekolah, taman, retaurant, bahkan warung sembako menyediakan WiFi gratis yang bisa digunakan semua orang. Hal tersebut untuk membuat banyak orang merasa nyaman, sehingga bisa lebih lama berada dalam tempat tersebut.

cara menghemat kuota

Anda bisa memanfaatkan fasilitas WiFi gratis untuk berselancar di internet, sehingga kuota internet Anda akan tetap utuh dan hanya digunakan ketika diperlukan.

8. Lakukan Update Jika Terhubung ke WiFi

Tanpa di sadari pengguna, terkadang banyak aplikasi melakukan update secara otomatis. Hal tersebut tentunya akan memakan banyak kuota tanpa sepengetahuan kita. Apalagi jika aplikasi yang diperbarui cukup banyak, maka kemungkinan kuota internet akan cepat habis.

Solusi dari update otomatis adalah dengan cara mengatur update aplikasi jika terhubung dengan WiFi saja. Hal ini tentunya banyak menghemat banyak kuota, karena kuota utama yang terdapat dalam smartphone jarang digunakan.

9. Matikan Koneksi Jika Tidak Digunakan

Banyak sekali pengguna selalu menyalakan data seluler kapan saja dan dimana saja. Padahal jika kita selalu terhubung dengan jaringan, maka notifikasi dari berbagai aplikasi akan selalu bermunculan yang berdampak kuota cepat habis.

Untuk itu matikan koneksi internet jika memang tidak digunakan, contohnya ketika sedang tidur atau meninggalkan smartphone dalam jangka waktu yang lama. Nah, Ketika sudah digunakan bisa mengaktifkan kembali konekti internet.

10. Menghapus Aplikasi

Smartphone android memiliki banyak sekali aplikasi, baik itu aplikasi bawaan smartphone atau aplikasi hasil unduhan. Setiap aplikasi tentunya memiliki fungsi yang berbeda.

Jika pada smartphone Anda terdapat aplikasi yang tidak diperlukan atau jarang digunakan, maka sebaiknya dihapus saja karena akan menghemat kuota internet. Cara menghemat kuota dengan menghapus aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat, jika aplikasi yang dihapus tidak digunakan atau memiliki fungsi yang sedikit.

11. Gunakan Browser Hemat Data

Setiap smartphone android biasanya dibekali aplikasi browser default. Mulai sekarang jangan menggunakan aplikasi browser tersebut, karena aplikasi browser default dipercaya bisa mengambil kuota internet lebih besar.

cara menghemat kuota

Solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi browser yang cukup ringan, yaitu Opera Mini. Aplikasi ini memang dari dulu sudah cukup terkenal sebagai aplikasi hemat data. Selain Opera Mini ada juga aplikasi lain, yakni UC Browser.

Baca Juga: 20 Aplikasi Baca Novel Terlengkap di Android

Keduanya sama-sama cukup hemat dalam penggunaan data, hanya saja aplikasi UC Browser terlalu banyak memberikan notifikasi pada smartphone, sehingga bagi kebanyakan pengguna cukup mengganggu.

12. Hindari Download dan Upload

Ketika berselancar di internet terkadang kita menemukan suatu gambar atau video yang menarik dan ingin menyimpannya di smartphone. Untuk mendownload tentunya menghabiskan kuota yang cukup besar, apalagi mendownload berbagai film dengan besaran file mencapai 1GB lebih.

Untuk menghemat kuota internet, maka sebaiknya tidak mendownload berbagai file dengan ukuran cukup besar, termasuk juga dalam melakukan upload. Silahkan mendownload atau mengupload sesuka hati, dengan catatan kuota internet Anda termasuk besar atau sedang tersambung dalam jaringan WiFi.

13. Berbagi File Melalui Bluetooth

Fitur bluetooth yang terdapat dalam smartphone sudah jarang digunakan. Itu dikarenakan banyaknya aplikasi yang menawarkan fitur mengirim file yang serupa, seperti WhatsApp, Facebook, Email dan masih banyak lagi.

Nyatanya, ketika mengirim file harus melakukan upload, sedangkan untuk menerima file harus melakukan download. Hal itu tentunya akan memakan kuota. Lebih baik menggunakan fitur bluetooth, supaya file tidak harus di download atau di upload. Hanya saja fitur bluetooth terkadang lambat dalam mengirim file, jadi Anda harus sedikit bersabar.

14. Gunakan Aplikasi Maps secara Offline

Apabila ingin menemukan tempat atau alamat yang belum kita ketahui. Tentu akan sangat bagus jika menggunakan aplikasi navigasi, seperti Google Maps.

Walaupun cukup membantu, tetapi aplikasi navigasi banyak mengambil kuota data internet. Ini dikarenakan aplikasi harus memperbarui setiap jalan atau rute yang ingin dilihat. Untuk menghemat kuota, Anda bisa menggunakan aplikasi navigasi secara offline.

Cara menggunakan aplikasi maps secara offline tentu sangat mudah sekali. Pertama-tama Anda harus dalam keadaan online dahulu, kemudian mengunduh area yang biasa di lewati. Maka secara otomatis file akan tersimpan dalam aplikasi maps dan bisa digunakan secara offline

15. Gunakan Fitur Data Saver

Banyak pengguna internet menggunakan browser chrome sebagai tempat berselancar di Internet. Padahal aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi default yang banyak memakan kuota. Akan lebih baik jika Anda menggunakan aplikasi browser lainnya.

Tetapi jika Anda sudah nyaman dengan aplikasi browser milik Google ini. Maka bisa mengaktifkan fitur “Data Server” yang terdapat di pengaturan aplikasi. Dengan mengaktifkan fitur Data Server, tentu akan menghemat penggunaan data ketika menggunakan Chrome.

16. Hindari menggunakan Media Sosial

cara menghemat kuota

Media sosial seperti Facebook, Intagram, dan lainnya ternyata sangat boros dalam penggunaan data. Untuk itu hindari menggunakan media sosial jika tidak ada keperluan.

Baca Juga: Cara Buat Email Baru Lewat HP Secara Lengkap

Anda juga bisa tetap menggunakan media sosial hanya dengan sedikit kuota, caranya adalah dengan menggunakan media sosial melalui aplikasi browser. Tentu akan mengalami sedikit perbedaan, tetapi itu demi menghemat kuota internet Anda.

17. Memasang Aplikasi Monitor Data

Dengan memasang aplikasi monitor data dapat menghemat kuota internet. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah My Data Manager. Aplikasi ini berguna untuk melacak besarnya kuota data yang sudah dihabiskan, sehingga kita bisa menggunakan data lebih hati-hati lagi.

Aplikasi My Data Manager juga bisa menghentikan aplikasi ketika melebihi batas penggunaan kuota. Bukan hanya bisa memonitor penggunaan data, tetapi bisa juga memotitor penggunaan WiFi.

Dengan mengikuti beberapa cara yang direkomendasikan tersebut, kemungkinan penggunaan kuota internet menjadi lebih sedikit. Hal ini tentunya sangat menghemat biaya, karena seperti yang kita ketahui bahwa harga paket internet selalu mengalami kenaikan setiap tahun.

Mulai dari sekarang berhematlah dalam menggunakan kuota, supaya biaya yang dikeluarkan untuk membeli paket internet tidak terlalu besar. Itulah beberapa cara menghemat kuota internet paling ampuh. Apabila ada pertanyaan, silahkan bertanya di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan