9 Cara Mengatasi Touchscreen Error di Android

Cara Mengatasi Touchscreen Error

Cara Mengatasi Touchscreen Error – Smartphone saat ini didesain menggunakan touchscreen atau layar sentuh. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.

Layar pada smartphone menjadi salah satu hal sensitif, karena jika terjadi masalah, pastinya akan membuat pengguna tidak bisa menggunakan smartphone dengan leluasa.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Layar HP Begerak Sendiri

Ada beberapa penyebab yang membuat touchscreen menjadi error atau bermasalah.

  • Terkena Air
  • Terjatuh
  • Rusaknya baterai
  • Perangkat pengisian daya yang tidak sesuai
  • Banyaknya goresan
  • Adanya yang retak dan sebagainya

Beberapa penyebab tersebut bisa jadi alasan mengapa touchscreen pada smartphone kamu bermasalah. Sebelum smartphone kamu bawa ke Service Center, akan lebih baik jika mencoba beberapa cara berikut ini untuk mengatasi touchscreen error.

Cara Mengatasi Touchscreen Error

1. Bersihkan Layar

Cara Mengatasi Touchscreen Error

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan layar menggunakan lap atau tisu. Kebersihan layar juga berpengaruh terhadap touchscreen. Misalnya terkena air, minyak atau kotoran yang tidak terlihat. Sehingga jari kita tidak langsung menyentuh layar.

2. Restart Perangkat

Touchscreen error bisa jadi karena penggunaan yang cukup lama, sehingga merestart perangkat menjadi salah satu cara untuk memperbaikinya. Apabila tidak berhasil, silahkan untuk mencoba cara selanjutnya.

3. Matikan Ponsel Sementara

Mematikan ponsel ini bertujuan untuk me-reset, dan ditunjukan untuk ponsel yang mengalami panas berlebih. Perlu kamu ketahui bahwa panas berlebihan pada beberapa HP Android akan mempengaruhi touchscreen. Sehingga layar tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Ganti Charger

Charger bisa jadi menjadi masalah utama pada touchscreen yang error. Hal ini dikarenakan tegangan yang kurang sesuai, karena penggunaan charger yang tidak tepat.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti charger original. Apabila terus dibiarkan, bukan hanya touchscreen yang bermasalah. Namun, baterai hp bisa jadi rusak.

5. Hentikan Aplikasi yang Berjalan

Touchscreen yang bermasalah bisa jadi bukan diakibatkan dari layarnya. Melainkan karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memakan RAM yang besar, sehingga mengakibatkan hang.

Untuk mengatasinya, silahkan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Tidak perlu semua aplikasi kamu hentikan, cukup beberapa aplikasi yang sekiranya memakan RAM yang besar.

6. Melakukan Kalibrasi

Melakukan kalibrasi memungkinkan touchscreen untuk mendapatkan kembali pengenalan sentuhan yang lebih akurat. Saat ini banyak aplikasi kalibrasi layar yang tersedia di Google Play Store. Cara untuk melakukan kalibrasi juga cukup mudah.

  • Download aplikasi kalibrasi touchscreen di Google Play Store. Salah satunya adalah aplikasi touchscreen calibration.
  • Buka aplikasi
  • Pilih tombol calibrate
  • Pilih OK
  • Restart perangkat

7. Gunakan Aplikasi MultiTouch Tester

Aplikasi ini akan membantu untuk mengetahui apakah layar ponsel mengalami masalah atau tidak.

Cara menggunakan aplikasi MuliTouch Tester

  • Instal dan jalankan aplikasi MultiTouch Tester
  • Kemudian kamu akan disuruh menyentuh layar sesuai dengan urutan nomor yang tersedia.
  • Bila semua perintah dapat terhitung maka layar ponsel normal, begitu juga sebaliknya.

8. Factory Reset

Melakukan factory reset akan mengembalikan pengaturan ponsel seperti baru. Apabila touchscreen error selain dikarenakan rusak, maka melakukan factory reset seharusnya berhasil.

Namun, sebelum melakukan reset perangkat, pastikan kamu melakukan backup data atau file penting yang berada di perangkat.

9. Ganti Touchscreen

Apabila semua cara telah dilakukan dan juga tidak berhasil, silahkan untuk mengganti touchscreen. Apabila ingin membeli touchscreen murah, cobalah membeli di marketplace (Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lainnya). Harganya sekitar 300 Ribu sampai 600 ribu tergantung tipenya.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Cara Mengatasi Touchscreen Error di ponsel Android. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan