8 Cara Mengatasi Layar HP Begerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar HP Begerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri – Setiap ponsel pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Salah satu keluhan yang sering dialami pengguna adalah error dibagian layar, seperti layarnya bergerak sendiri.

Banyak orang menyebutnya dengan Ghost Touch. Masalah tersebut biasanya disebabkan berbagai faktor, seperti terkena air, menggunakan charger yang tidak original, adanya masalah pada software dan sebagainya.

Baca Juga: 12 Tips Belanja Online dengan Aman yang Harus Anda Ketahui

Apabila kamu mengalami masalah tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar HP yang bergerak sendiri.

Cara Memperbaiki Layar HP Bergerak Sendiri

1. Restart smartphone

Cara Mengatasi Layar HP Begerak Sendiri

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah merestart smartphone. Masalah tersebut bisa jadi karena kapasitas RAM smartphone kamu tertalu kecil, sehingga membuat layar menjadi bergerak sendiri.

Untuk itu cobalah restart perangkat kamu. Jika sudah, biasanya perangkat akan kembali ke posisi normal.

2. Layar terlalu panas

Apabila kamu menggunakan ponsel dalam jangka waktu yang lama, maka layar ponsel biasanya menjadi panas. Hal itu bisa jadi berpengaruh kepada layar ponsel. Cobalah istirahatkan ponsel beberapa saat hingga suhu pada ponsel menurut dan kembali normal.

Untuk memudahkan kamu dalam melihat suhu pada ponsel Android. Cobalah untuk mengunduh aplikasi yang mempunyai fitur melihat suhu pada ponsel, seperti aplikasi CPU Monitor.

3. Charger rusak

Coba kamu perhatikan apakah layar ponsel kamu bergerak sendiri ketika dicas. Jika iya, kemungkinan besar charger yang kamu gunakan bermasalah, baik itu karena rusak atau charger yang digunakan tidak original.

Untuk sementara cobalah menggunakan charger milik orang lain, apakah mengalami masalah yang sama. Jika sudah menggunakan charger orang lain dan kembali normal, maka segera ganti charger karena masalahnya ada pada charger tersebut.

4. Pelindung layar yang rusak

Salah satu penyebab layar HP bermasalah adalah pelindung layar yang rusak. Biasanya banyak orang melindungi layarnya menggunakan tempered glass. Nah, coba periksa apakah tempered glass tersebut rusak atau retak. Jika iya, silahkan untuk melepaskan sementara tempered glass tersebut dan periksa kembali apakah layar sudah kembali normal.

Jika sudah kembali normal, kemungkinan besar tempered glass yang bermasalah. Cobalah untuk mengganti tempered glass dengan baru.

5. Kalibrasi Touch Screen

Salah satu cara yang mudah dilakukan untuk mengatasi layar error adalah dengan melakukan kalibrasi. Proses kalibrasi ini menggunakan aplikasi tambahan yang bisa kamu dapatkan secara gratis melalui Google Play Store.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa melakukan kalibrasi pada layar ponsel tidak akan memperbaiki kerusakan perangkat keras pada layar. Melainkan hanya membantu mendeteksi jenis sentuhan di layar, dan membantu mendefinisikan kembali jenis sentuhan tersebut.

6. Masalah pada Sistem Android

Sistem Android mungkin sedang mengalami masalah yang berakibat pada layar error. Bahkan dibeberapa perangkat bukan hanya mengalami masalah pada layar saja, melainkan beberapa fitur juga ikut bermasalah.

Solusi terbaiknya adalah dengan melakukan upgrade ke sistem Android terbaru. Setelah melakukan upgrade sistem, biasanya masalah yang terkait dengan sistem akan hilang.

7. Touchscreen Rusak

Layar ponsel akan mudah rusak apabila terkena air atau getaran yang berlebihan. Pastikan kamu tidak melakukan kesalahan tersebut. Namun, jika layar pada ponsel bergerak sendiri secara berlebihan, maka ada kemungkinan dibagian layar mengalami kerusakan.

Jika masalah utamanya ada pada layar yang rusak, kamu harus menggantinya yang baru supaya layar kembali normal.

8. Reset perangkat

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah reset perangkat Android. Dengan melakukan reset, perangkat kamu akan kembali pada posisi default.

Namun, sebelum melakukan reset perangkat, pastikan kamu melakukan backup data atau file penting yang berada di perangkat.

Baca Juga:

Itulah informasi mengenai Cara Mengatasi Layar HP Begerak Sendiri di Android. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan