Tips

8 Penyebab Baterai Smartphone Bocor

baterai hp bocor

Penyebab baterai smartphone bocor – Baterai merupakan suatu komponen yang sangat penting bagi smartphone. Tanpa adanya baterai, maka smartphone tidak bisa bekerja.

Pada dasarnya baterai smartphone akan mengalami kerusakan atau bocor. Baik itu karena pemakaian yang salah, umur baterai, dan banyak alasan lainnya.

Artikel Rekomendasi:

Nah, apabila Anda mengalami baterai bocor, maka harus segera diatasi. Banyak sekali faktor yang membuat baterai menjadi bocor. Berikut penyebab baterai smartphone menjadi bocor.

Penyebab Bateri Smartphone Rusak

penyebab baterai rusak

1. Menggunakan smartphone ketika di charger

Ketika sedang melakukan charger, diusahakan jangan memainkan smartphone. Karena proses pengisian menjadi tidak maksimal.

2. Melakukan charger dalam waktu lama

Melakukan charger dalam waktu lama tentunya tidak baik bagi smartphone. Untuk itu jangan melakukan charger ketika Anda ingin meninggalkan ponsel dalam waktu lama.

Biasanya banyak pengguna melakukan charger dalam waktu lama ketika sedang tidur. Ketika smartphone memberikan notifikasi bahwa baterai telah penuh, maka sebaiknya smartphone segera di cabut dari chargeran.

3. Menggunakan charger lain

Pengguna sering kali mencharger ponsel dengan chargeran non original. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa setiap chargeran memiliki jumlah arus yang berbeda, sehingga baterai menjadi cepat bocor.

4. Menggunakan smartphone seperlunya

Jika baterai smartphone ingin memiliki umur yang panjang, maka jangan terlalu sering menggunakan smartphone.

Pergunakanlah smartphone jika memang diperlukan. Apabila smartphone jarang digunakan, tentu baterai menjadi tahan lama karena jarang melakukan pengisian.

5. Umur Baterai

Baterai yang cepat rusak, bisa juga dikarenakan dari umur baterai yang sudah lama. Anda tidak bisa mengatasi hal ini, karena setiap baterai memiliki jangka waktu dalam pemakaiannya. Solusinya terbaiknya adalah dengan mengganti baterai dengan yang baru.

6. Panas Berlebih

Suhu panas pada smartphone juga memperngaruhi kualitas baterai yang digunakan. Jangan terlalu sering menggunakan smartphone dalam waktu yang lama, karena smartphone harus bekerja lebih berat dan akhirnya menjadi panas.

Jika smartphone sudah terasa hangat atau panas, cobalah untuk berhenti sejenak memainkannya. Supaya smartphone bisa kembali ke suhu normal, setalah itu bisa digunakan kembali.

7. Kualitas Baterai Kurang Bagus

Menggunakan baterai smartphone bawaan pabrik tentunya memiliki kualitas bagus. Tetapi berbeda dengan baterai bukan original.

Baterai selain original biasanya memiliki kualitas kurang bagus, apalagi harga yang ditawarkan cukup murah. Jangan terlalu percaya dengan baterai yang diberi label “dobel power” karena kebanyakan baterai yang diberi label tersebut adalah palsu.

Untuk itu jangan membeli baterai ponsel selain original, karena kualitas yang ditawarkan tidak sebaik bawaan smartphone.

8. Melakukan Charger dengan Power Bank

Melakukan charger menggunakan power bank tentu sangat menyenangkan, karena bisa dilakukan dimana saja. Dibalik kelebihan yang ditawarkan power bank, ternyata power bank kurang baik digunakan pada smartphone.

Karena pada saat menggunakan power bank, arus yang masuk ke smartphone tidak bisa terkontorl, sehingga mempengaruhi kualitas baterai. Gunakanlah power bank apabila tempat Anda tidak ada stop kontak atau dalam perjalanan.

Beberapa penyebab baterai cepat rusak diatas untuk smartphone tipe lama, karena untuk smartphone baru sudah dilengkapi teknologi yang membuat baterai tetap awet, seperti teknologi yang bisa memutuskan arus ketika ponsel penuh dalam mencharger.

10 Komentar

Tinggalkan Balasan