Tips

8 Cara Pintar Memilih Power Bank Berkualitas Bagus & Tahan Lama

Cara memilih power bank yang baik dan tahan lama bagi pengguna smartphone yang suka browsing, bermain game online atau segala sesuatu yang dilakukan melalui smartphone pasti tidak menginginkan baterainya mengalamai Low Bate karena sudah pasti akan mengganggu semua kegiatan yang dilakukan melalui ponsel pintar tersebut, untuk itu banyak pengguna smartphone menggunakan power bank sebagai alat bantu mengisi daya baterai kapanpun dan dimana saja.

Menggunakan power bank merupakan salah satu alternatif apabila pengguna berada ditempat yang tidak memiliki stop kontak contohnya sedang perjalanan jarak jauh menggunakan bis sehingga banyak pengguna membeli power bank supaya bisa dipakai dalam keadaan darurat tapi untuk membeli power bank tidak boleh sembarangan karena sekarang sudah banyak power bank palsu yang beredar dipasaran bahkan sudah ada yang mengatasnamakan produk sekelas samsung. Menggunakan power bank abal-abal dapat merusak baterai bahkan bisa meledak karena memang menggunakan power bank abal-abal arus yang masuk pada baterai tidak stabil, berbeda saat melakukan pengecasan menggunakan power bank bekualitas karena arus yang masuk lebih stabil.

Untuk itu tidak ada salahnya apabila anda menyimak beberapa cara pintar memilih power bank berkualitas bagus dan tahan lama yang sudah admin siapkan dibawah ini, supaya ketika membeli power bank tidak akan merasa kecewa apalagi tertipu dengan barang yang telah dibeli.

1. MEMILIH POWER BANK DENGAN MEREK TERKENAL

Merek memang sesuatu yang bisa dijadikan tolak ukur dalam memilih power bank tapi tidak semua merek terkenal memiliki kualitas bagus, ada diantara merek terkenal memiliki kualitas buruk karena memang power bank itu hanya mencantumkan merek ternama supaya bisa menarik perhatian pembeli apalagi harga yang ditawarkan cukup murah. Untuk itu pilihlah merek yang sudah terkenal dengan kualitasnya seperti Sony, Asus, Yoobao, Vivan dan Xiomi. Walaupun harga yang ditawarkan power bank tersebut sangat mahal tapi dari segi kualitas tidak akan mengecewakan.

2. PILIHLAH POWER BANK DALAM KEADAAN BARU

Membeli power bank dalam kondisi masih baru pasti akan membuat kinerjanya bekerja secara maksimal karena memang baru digunakan dan berbeda dengan membeli power bank bekas yang kinerjanya sudah menurun karena penggunaan yang salah atau terlalu sering digunakan.

3. MEMILIKI FITUR LENGKAP

Banyak pengguna power bank tidak mengetahui fitur ini padahal di power bank kualitas bagus memiliki fitur Over Charging yang berfungsi apabila power bank telah terisi penuh maka secara otomatis arus yang masuk pada power bank akan berhenti dan fitur Short Circuit yang berfungsi untuk menghindari smartphone mengalami arus pendek ketika proses pengisian menggunakan power bank.

4. SESUAIKAN KAPASITAS BATERAI

Anda harus memilih power bank yang kapasitasnya lebih besar dari baterai contohnya baterai samsung galaxy core 2 berkapasitas 2000 mah, maka pilihlah power bank yang memiliki ukuran diatasnya minimal 3000 mah supaya pada saat pengisian baterai minimal bisa terisi penuh. Coba kalau memilih power bank dengan kapasitas 1500 mah maka sudah dipastikan tidak akan penuh dan setelah beberapa saat baterai akan terasa cepat habis.

5. PILIHKAN BENTUK POWER BANK YANG NYAMAN

Pilihlan power bank yang memiliki bentuk sederhana pada umumnya supaya pada saat menggunakannya terasa nyaman dan tidak terganggu dengan bentuknya yang besar atau aneh. Walaupun power bank dengan kapasitas besar memiliki bentuk yang besar juga tapi sekarang sudah ada power bank dengan kapasitas besar tapi dengan bentuknya yang tidak terlalu besar jika dibandingkan power bank pada umumnya.

Baca Juga : 20 cara pintar memilih hp android berkualitas

6. PERIKSA KELENGKAPAN SAAT MEMILIH POWER BANK

Ini juga merupakan sesuatu yang penting pada saat memilih power bank usahakan ditempat (kardus) power bank terdapat kabel USB untuk menyambungkan antara smartphone dan power bank. Periksa juga apakah terdapat buku petunjuk dalam menggunakan power bank berikut tegangan output dan inputnya.

7. PERHATIKAN ARUS SMARTPHONE DAN POWER BANK

Arus merupakan sesuatu hal yang penting dalam penggunaan smartphone karena hampir semua power bank pasti mengalirkan arus ke smartphone secara tidak stabil sehingga pengisian bisa menjadi lebih cepat atau lambat. Jika itu terus dibiarkan maka bukan tidak mungkin baterai smartphone akan cepat rusak dikarenakan kondisi arus masuk yang tidak stabil, Sulit untuk menemukan power bank dengan arus masuk yang sesuai dengan smartphone. Untuk itu gunakanlah power bank hanya dalam keadaan darurat karena sesungguhnya proses pengisian yang paling bagus hanya dengan menggunakan Chargeran.

8. PENGISIAN SECARA MAKSIMAL PADA POWER BANK

Pada saat mencharger power bank usahakan sampai dalam keadaan penuh supaya power bank bisa bekerja secara maksimal dan jangan membiarkan power bank di Charger terlalu lama karena bisa menurunkan kualitasnya bahkan yang lebih parahnya lagi bisa membuat power bank menjadi kembung.

Itulah beberapa cara memilih power bank dengan kualitas bagus supaya pengguna smartphone android tidak salah dalam membeli power bank yang banyak beredar dipasaran dan diusahakan jangan terlalu sering menggunakan power bank karena secara perlahan akan merusak kondisi pada baterai.

Tinggalkan Balasan