Tips

5 Cara Ampuh Mengatasi Baterai HP Cepat Habis

baterai cepat habis

Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis – Banyak sekali pengguna gadget mengalami masalah pada baterai smartphone yang cepat habis. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu sekali apalagi ketika smartphone sedang digunakan. Banyak sekali faktor yang menyebabkan baterai pada smartphone cepat habis salah satunya adalah terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan sehingga membuat kinerja smartphone bekerja lebih keras dan tentunya mempengaruhi juga pada kapasitas baterai yang digunakan.

baterai cepat habis

Sebelum mengatasi baterai hp yang cepat habis, alangkah lebih baiknya kamu mengetahui kenapa sih baterai hp kamu bisa cepat habis. Baterai hp cepat habis bisa dikarenakan umur pada baterai itu sendiri yang sudah lama, terlalu banyak menggunakan aplikasi secara bersamaan, terlalu lama menggunakan fitur pada smartphone seperti GPS dan lain sebagainya.

Jika sudah memperkirakan apa saja penyebab baterai hp menjadi cepat habis, maka selanjutnya coba untuk mempraktekan beberapa cara mengatasi baterai cepat habis berikut ini.

1. Gunakanlah GPS dan Wifi seperlunya

Gunakanlah fitur tersebut jika memang diperlukan karena tanpa kita sadari ternyata fitur tersebut banyak menguras penggunaaan baterai terutama untuk GPS. Ini dikarenakan GPS terhubung langsung dengan satelit sehingga setiap pergerakan akan langsung dicatat secara otomatis jika tersambung melalui internet. Hal tersebut tentunya akan menguras daya baterai yang cukup banyak.

Sedangkan untuk Wifi kamu bisa menggunakannya sesuka hati tapi dengan syarat jika memang sudah digunakan jangan lupa untuk dimatikan. Jika lupa dimatikan maka Wifi akan terus mencari sinyal secara otomatis dan efek buruknya adalah kapasitas dari baterai akan berkurang dengan sangat cepat.

2. Aktifkan Mode Penerbangan

Mode penerbangan ini bukan hanya diaktifkan ketika kamu sedang didalam pesawat terbang aja loh, tetapi bisa kamu aktifkan jika smartphone dalam jangkauan sinyal yang lemah. Ketika kamu berada dalam jangkauan sinyal yang lemah maka smartphone akan bekerja dengan sangat keras untuk menemukan sinyal yang bagus. Untuk itu jika memang keadaan sinyal pada smartphone sangat lemah lebih baik mengaktifkan mode penerbangan ini.

Jika memang jangkauan sinyal sudah dirasa cukup baik maka kamu bisa menonaktifkan mode penerbangan ini supaya bisa melakukan kegiatan yang memerlukan jaringan seluler seperti menelepon, SMS, Internetan dan lain sebagainya.

3. Hindari Menggunakan Aplikasi secara bersamaan

Salah satu kelebihan yang bisa dilakukan oleh smartphone adalah bisa menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan. Menurut saya itu wajar-wajarnya saja bagi smartphone, tetapi berbeda dengan smartphone yang memiliki kapasitas baterai dan RAM yang tidak terlalu besar karena akan memakan penggunaan RAM yang cukup besar dan ditambah lagi dengan daya baterai akan berkurang dengan sangat cepat.

4. Mengatur Intensitas Cahaya

Pada setiap smartphone pasti terdapat fitur untuk mencerahkan dan meredupkan cahaya pada layar. Hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh pada penggunaan daya baterai karena semakin terang cahaya yang digunakan pada layar maka daya yang dikeluarkan pada baterai akan semakin besar juga.

Baca Juga : 8 Smartphone Kamera dengan Kualitas Terbaik Saat Ini

Untuk itu atur cahaya serendah mungkin tapi jangan sampai cahaya tersebut membuat penglihatan menjadi berkurang. Saat ini banyak smartphone mengalami penurunan daya yang cukup drastis karena terlalu berlebihan dalam mengatur intensitas cahaya, bahkan jika terlalu terang akan mempengaruhi kesehatan pada mata.

5. Hindari penggunaan Launcher

Saat ini banyak sekali Launcher di Google PlayStore yang menawarkan tampilan keren, lucu, animasi bergerak dan lainnya sehingga membuat pengguna tertarik untuk menggunkannya. Tapi kenyataannya Launcher tersebut cukup banyak menguras penggunaan daya baterai terutama untuk penggunaan Live Wallpaper.

Bukan hanya menguras daya baterai saja tetapi aplikasi launcher cukup banyak menguras penggunaan memori dan RAM. Akan lebih baik jika tidak menggunakan apikasi launcher. Jika memang ingin membuat tampilan pada smartphone terlihat lebih menarik maka kamu bisa menggunakannya tapi dengan catatan pilihlah launcher yang menawarkan tampilan minimalis sehingga tidak terlalu banyak dalam penggunaan memori, RAM dan kapasitas baterai.

Cara diatas jika kamu sudah terapkan kemungkinan smartphone kamu tidak akan mengalami boros baterai lagi, tetapi jika memang masih mengalami daya baterai yang cepat habis maka kamu perlu mengecek kondisi pada baterai tersebut, apakah masih layak digunakan atau tidak, karena umur pada baterai akan sangat berpengaruh pada penggunaan daya baterai itu sendiri.

Tinggalkan Balasan