Tips

3 Bahaya Menggunakan Headset Saat Tidur

Efek buruk yang ditimbulkan jika menggunakan headset saat tidur – semua pengguna smartphone pasti pernah menggunakan headset baik itu untuk mendengarkan musik, radio dan menelepon. Memang tidak ada salahnya meggunakan fasilitas yang sudah disediakan tapi harus diingat jangan menggunakan secara berlebihan karena sesuatu yang berlebihan sudah pasti tidak akan baik seperti penggunaan headset yang terlalu lama.

3 bahaya menggunakan headset saat tidur


Penggunaan headset yang terlalu lama dapat mengganggu kesehatan pengguna secara langsung atau dalam jangka panjang baru terasa efeknya. Menurut penelitian apabila menggunakan headset terlalu lama akan mempunyai dampak kerusakan pada telinga secara permanen bahkan kemungkinan terbesar akan terjadi pada usia 15-25 tahun karena pada usia muda relatif lebih sering menggunakan headset dibandingkan usia 25 tahun keatas.

Baca Juga : 4 bahaya tidur dekat smartphone

Memang mendengarkan musik menggunakan headset itu sangat nyaman apalagi dalam keadaan suasana hati sedang galau, tentu itu sangat menghibur sekali supaya mejadi semangat dan menghilangkan sejenak rasa galau yang dialami. Tapi alangkah lebih baiknya mendengarkan musiknya dilakukan melalui speaker karena memang sebenarnya menggunakan headset itu tidak baik apalagi menggunakan dalam suara yang tinggi dan sampai dibawa tidur dalam jangka waktu yang lama.

Biasanya waktu yang cocok untuk mendengarkan musik adalah pada waktu sedang santai dan biasanya terjadi pada malam hari, kita mengetahui bahwa pada malam hari tubuh akan terasa lelah karena beberapa aktivitas seperti sibuk urusan di kantor atau yang lainnnya sehingga tanpa disadari saat mendengarkan musik anda lupa untuk melepasnya sehingga headset masih menempel ditelinga sepanjang malam yang berakibat datangnya beberapa efek buruk bagi kesehatan, diantaranya :

1. PENDENGARAN BERKURANG

Tanpa disadari bahwa menggunakan headset dalam waktu lama akan menurunkan kualitas pendengaran apabila ditambah dengan volume yang tinggi yang jika dibiarkan terus-menerus akan menyebakan pendengaran rusak secara permanen. Menggunakan headset yang lama saja berbahaya apalagi jika sambil dibawa tidur, tentu itu sangat berbahaya karena bisa menyebakan kerusakan pada koklea ( rumah siput ).

Biasanya saat mendengarkan sesuatu menggunakan headset ketika tidur, pengguna pasti tidak akan menyadari lamanya menggunakan headset baik itu karena terlalu asik atau kelelahan sehingga headset akan menempel ditelinga sepanjang malam dan kemungkinan rusaknya pendengaran akan mejadi lebih besar.

2. KERUSAKAN PADA OTAK

Pada saat mendengarkan musik dalam keadaan tidur maka suara yang terdapat pada headset akan diteruskan ke otak sehingga yang seharusnya otak beristirahat akan terus bekerja keras karena harus mengolah informasi yang didapat melalui radio atau musik, itu berarti secara langsung ada telah membuat otak bekerja keras tanpa istirahat walaupun tubuh dalam keadaan istirahat.

Efek yang dapat dirasakan secara langsung adalah ketika bangun dari tidur anda akan merasa lelah padahal waktu untuk beristirahat sudah sangat cukup karena memang tubuh tidak sepenuhnya beristirahat dengan sempurna.

3. GANGGUAN KULIT TELINGA

Headset dibuat senyaman mungkin supaya pengguna betah saat menggunakannya salah satunya adalah terdapat karet diujung headset yang berguna untuk melindungi kulit telinga bersentuhan langsung dengan headset tapi tidak semua headset dilindungi oleh karet, pengguna banyak membeli headset ditempat yang murah sehingga tidak dilengkapi dengan karet pelindung.

Akibatnya jika terus menggunakan headset tanpa karet pelindung dapat menyebabkan kulit telinga mejadi lecet dan jika tidak disembuhkan  secara cepat maka akan menimbulkan infeksi yang berakibat luka permanen pada bagian telinga.

Akibat penggunaan headset saat tidur diatas memang sangat berbahaya untuk itu sebagai pengguna smartphone yang baik harus mempunyai cara pencegahan untuk menghindari menggunakan headset saat tidur diantaranya yaitu mendengarkan dengan volume yang normal supaya pendengaran bisa selalu sehat, biasakan menggunaka speaker dibandingkan headset dan pakailah karet pelindung headset supaya kulit telinga tidak mengalami luka yang berujung iritasi.

Tinggalkan Balasan