Tips

12 Cara Merawat Baterai Smartphone

Cara merawat baterai smartphone agar tahan lama dan awet – Pada siang yang panas ini saya akan memberikan cara supaya baterai handphone android bisa tetap awet, tahan lama,dan memperpanjang usia baterai android.

Sekarang sudah banyak sekali pengguna android di seluruh dunia dan begitu juga fitur dan aplikasi yg digunakan, banyaknya fitur dan aplikasi yang tersedia pada smartphone atau gadget Android

Hal ini menjadikan para pengguna sangat sering menggunakan android miliknya sehingga mengakibatkan baterai cepat habis 


Disini saya akan membuat anda bisa memahami cara yang benar supaya bisa memperpanjang umur dari baterai smartphone android sehingga anda tidak sering dalam melakukan pengecasan.

Dibawah ini adalah beberapa cara yang patut anda coba untuk merawat baterai android  :

1. Saat pengisian usahakan kondisi handphone dalam keadaan mati karena itu akan memepercepat pengisian hingga 20%

2. Jangan pernah menggunakan atau membuka dua aplikasi secara bersamaan karena akan membuat baterai bekerja lebih berat sehingga baterai akan cepat rusak.

3. Pada saat pengisian jangan pernah menggunakan handphone entah itu mendengarkan musik, membuka aplikasi dan game. jika anda sering melakukannya kemungkinan baterai anda akan cepat bocor dan yang lebih parah lagi handphone anda bisa terkena overload.

4. Mengatur suhu handphone, Apabila anda sering memainkan handphone anda itu akan membuat baterai cepat panas, usahakan untuk berhenti sejenak sampai suhu pada handphone terasa normal kembali.

5. Aturlah tingkat kecerahan layar yang normal jangan sampai menggunakan cahaya yang berlebihan, karena cahaya adalah sumber utama dari baterai.

6. Jangan menggunakan walpaper bergerak karena itu akan memakan daya baterai lebih besar dibandingkan walpaper biasa dan disarankan untuk mengggunakan walpaper yang memiliki warna gelap seperti hitam, abu-abu atau yang sekiranya warna gelap yang anda minati.

7. Gunakan wifi,bluetooth,gps,data seluler seperlunya saja karena fitur tersebut merupakan yang paling banyak menguras baterai.

8. Apabila di daerah anda jarang mendapatkan sinyal di usahakan untuk mematikan Smartphone karena Smartphone akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal sehingga baterai akan cepat habis, apabila di daerah tersebut sekiranya sinyalnya lumayan maka anda bisa menghidupkannya kembali.

9. Jika kamera pada perangkat android terdapat fitur LED Flash maka jangan pernah mengaktifkan LED Flash saat berfoto di tempat yang terang, aktifkan atau gunakan saja fitur tersebut saat berfoto di tempat yang kurang cahaya atau pada malam hari.

10. Gunakanlah aplikasi android penghemat daya atau baterai yang bisa anda download di PlayStore dan anda juga dapat menginstal aplikasi tersebut sehingga mampu membantu mengelola daya baterai secara hemat.

11. Jangan Sampai Baterai anda mati total atau Lowbet parah karena kalau anda Menggunakanya baterai sampai hAbis, kemungkinan Baterai anda bisa bocor dan kembung Karena kita menggunakanya berlebihan atau penyerapan Dayanya jadi kurang Maksimal lagi.


12. Masukan charger ke stopkontak baru kemudian ke smartphone

Setiap prosedur dalam pengisian baterai yang benar selalu menganjurkan untuk mencocokan chargeran ke stopkontak dulu baru setelah itu ke ponsel.

Ini dikarenakan jika mencolokan ke smartphone dulu batu ke stopkontak maka akan menghasilkan tegangan kejut dan bila dibiarkan terus-menerus maka akan mengakibatkan baterai cepat rusak. Namun jika sudah selesai mengisi maka yang dicabut dulu adalah smartphone baru dilanjutkan dengan melepas stopkontak.

13. Gunakan Powerbank hanya dalam keadaan darurat

Apabila anda termasuk orang yang sering menggunakan Powerbank maka harus berhati-hati karena itu berdampak buruk pada kesehatan baterai.

Powerbank membuat smartphone cepat panas dikarenakan arus masuk pada smartphone tidak stabil dan sebaliknya ketika melakukan pengisian menggunakan chargeran arus masuk lebih stabil karena di sesuaikan dengan keadaan smartphone.

14. yang terakhir hindari pengisian menggunakan charger yang non orisinil karena tegangan setiap pengisian pada baterai berbeda beda sehingga apabila menggunakan charger yang bukan orisinil dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan baterai menjadi cepat rusak atau bocor
 Jadi apakah anda masih berniat menggunakan Powerbank ketika masih ada stopkontak ?

Itulah beberapa cara yang patut di coba untuk Smartphone android supaya baterai terawat, tahan lama, dan lebih efisien dalam penggunaannya, dan juga semoga ilmu yang saya berikan bisa menambah pengetahuan kalian dalam merawat baterai Smartphone.

11 Komentar

Tinggalkan Balasan